Kebiasaan Berdampak HOAX

Bismillah.

Di era internet canggih seperti saat ini persebaran informasi menjadi sulit dikendalikan. Banjir informasi datang di semua beranda media sosial kita. Kita tidak lagi mudah membedakan mana informasi asli dan palsu (hoax). Masyarakat mulai resah atas maraknya informasi hoax, hingga muncul berbagai gerakan menolak hoax. Pemerintah dan Facebook sebenarnya juga sudah mulai bergerak untuk mengatasi masalah ini. Kita tunggu saja apa yang akan dibuat.

Penyebab utama dari beredarnya informasi hoax menurut saya adalah karena putusnya jalur ke sumber awal informasi. Ini terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang belum bijak dalam bermedia sosial. Beberapa yang sering kita jumpai adalah kebiasaan menggunggah ulang gambar atau video orang lain dan kebiasaan menyebarkan informasi dengan cara menangkap layar (screenshot) postingan orang lain. Saya berpendapat demikian karena sudah lama terpikirkan masalah ini. Lihat pertanyaan saya di Quora yang belum ada yang menjawab sampai saat ini (kasihan ya). Silakan menjawab jika kamu punya pendapat.

Hentikan unggah ulang gambar dan video orang lain!

Ini termasuk menyalin tulisan orang lain dan menaruh di postingan sendiri. Sering kita jumpai pengunggah ulang lebih viral dari pada si pembuat konten atau si sumber informasi. Ada dua alasan atas seringnya orang melakukan ini. Yang pertama ingin tenar dan yang kedua karena bisnis. Walupun tujuan kita melakukannya bukan karena itu semua tetapi tolong hentikan karena itu kebiasaan buruk. Ada beberapa dampak yang bisa ditimbulkan yaitu putusnya jalur ke sumber informasi dan hilangnya penghargaan atas hak cipta orang lain.

Hentikan postingan hasil screenshot!

Kebiasaan menyebarkan informasi dari postingan orang lain dengan cara menagkap layar atau screenshot banyak kita temui di beranda media sosial kita. Memang cara ini terasa nikmat karena kita bisa langsung menyantap informasinya dalam bentuk gambar. Tetapi menurut saya ini juga kebiasaan buruk karena bisa memutus jalur sumber informasi dan berpotensi disalahgunakan.

Satu contoh yang saya jumpai hari ini yaitu cuitan Aa’ Gym. Beliau menyampaikan bahwa tidak pernah menulis seperti apa yang ada di gambar screenshot. Gambar yang beliau sertakan memang terlihat meyakinkan seolah-olah beliau menge-tweet demikian, padahal itu palsu. Mudah sekali untuk membuatnya menjadi tampak demikian, bisa dengan cara inscpect element pada browser maupun dengan menggunakan editor gambar. Yang membuat miris adalah kemudian banyak orang menganggap gambar screenshot yang tersebar adalah benar adanya. Dan yang perlu diperhatikan adalah bisa jadi ada kontribusi kita atas masalah ini, karena turut membiasakan penyebaran informasi dari hasil screenshot, hingga orang-orang menganggap cara ini adalah lumrah. Jadi hentikan!.

Gunakan fitur berbagi (share) yang tersedia!

Hampir semua media sosial pasti memilki fitur share. Kegunaan dari fitur ini selain membantu menyebarkan informasi juga menjaga informasi tetap valid. Hal ini karena informasi yang tersebar tetap bisa terhubung ke sumbernya.

Jika kita ingin menyebarkan informasi dari satu media sosial ke media sosial yang lain, usahakan tetap melampirkan link untuk menuju ke sumber informasi. Misal jika kita ingin berbagi video menarik dari Youtube, jangan kemudian kita mengunduh videonya dan mengunggah ulang di Facebook, tetapi berbagi saja link Youtube-nya. Jika kita ingin berbagi informasi menarik dari Facebook ke Twitter, jangan kemudian screenshot dan unggah di Twitter, tetapi berbagi saja link postingan Facebook-nya. Cara-cara ini tidak lain sekali lagi agar jalur informasi ke sumber awalnya tetap terhubung, sehingga informasi yang tersebar bisa valid dan mudah untuk dipertanggung jawabkan.

Advertisements

One thought on “Kebiasaan Berdampak HOAX

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: